Parvovirus (muntaber dogy)

  Canine parvovirus sangat menular dan disebabkan oleh virus yang sangat resisten di lingkungan rumah. Penyakit anjing ini menyebabkan gastroenteritis parah dan sering kali menyebabkan komplikasi pendarahan. Jika anjing betina terkontaminasi selama kebuntingan, virus ini akan memengaruhi janinnya saat berkembang. Virus ini tidak dapat berplikasi sendiri, dan akibatnya harus menggunakan sel lain untuk membantunya berkembang biak. Pada anak-anak anjing, canine parvovirus akan mengkolonisasi sel-sel saluran pencernaan karena mereka beregenerasi dengan laju yang cepat. Canine parvovirus ini bisa berakibat fatal dan merupakan penyakit yang terus memengaruhi populasi anak anjing. Apa saja gejala virus parvo pada anjing? Anak anjing atau anjing dengan canine parvovirus akan menunjukkan berbagai gejala yang berbeda. Anda harus selalu memperhatikan: ·         Demam ·         Kelesuan ·         Diare (mungkin berdarah) ·         Muntah ·         Dehidrasi ·         Penurunan

Pertolongan Pertama pada Hewan Kesayangan yang Mengalami Kecelakaan

Kecelakaan tentu saja dapat membahayakan, bahkan menyebabkan kematian, terlebih kalau terjadi perdarahan atau kesulitan bernafas. Kesulitan bernafas berarti terjadi kekurangan oksigen (O2) dan di dalam darah terdapat banyak zat asam arang (CO2). CO2 merupakan racun yang sangat cepat mematikan.

Volume darah dalam tubuh hewan kesayangan (anjing, kucing, kelinci, marmut / GP) terbatas sedangkan di dalam darah terdapat air, protein, mineral, dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila terjadi kehilangan darah, berarti terjadi kehilangan zat dalam tubuh. Oleh karena itu, kecelakaan harus cepat bertindak bukan dengan kebingungan dan panik.

@ Lecet
Lecet juga disebut luka ringan(superficial wound), yaitu luka berdarah ataupun tidak yang hanya mengenai jaringan luar saja seperti luka di kulit yang tidak sampai pada jaringan otot atau tulang. Luka seperti ini biasanya disebabkan oleh terserempet kendaraan atau jatuh dan terseret. Biasanya pada bagian luka lecet ini selalu dijilati oleh hewan kesayangan anjing atau kucing.
Upaya pertolongan pertama dapat dilakukan dengan cara mengamankan hewan kesayangan di tempat tenang dan memeriksa dengan teliti keadaan lukanya. Selanjutnya luka dicuci dengan larutan antiseptik. Hewan yang menjilati luka sebaiknya dibiarkan saja karena merupakan perilaku membersihkan luka dengan air liur yang secara alami mengandung antibiotik, antiseptik, dan enzim.

@ Perdarahan
Perdarahan diartikan sebagai keluarnya darah dari sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah terdiri dari pembuluh darah arteria dan pembuluh darah vena. Kalau keluarnya dari pembuluh darah arteria maka darah akan memancar seperti disemprotkan karena berasal dari jantung yang sedang memompa (sistole). Sementara kalau dari pembuluh darah vena maka keluarnya darah akan lebih lambat. Warnanya pun lebih gelap (merah kebiruan).
Darah yang keluar dari tubuh disebut perdarahan luar sedangkan darah yang tidak keluar dari tubuh disebut perdarahan dalam. Baik perdarahan luar maupun perdarahan dalam, akibatnya akan sama saja karena darah yang keluar dari pembuluh darah sudah tidak dapat berfungsi lagi. Biasanya perdarahan dalam terjadi pada organ otak, hati, ginjal, paru-paru, usus, dan bagian dalam tubuh lainnya.

Ő Perdarahan pada kaki
Perdarahan pada kaki merupakan salah satu jenis perdarahan bagian luar. Meskipun hanya perdarahan bagian luar tubuh, tetapi kalau terjadi di kaki depan maupun belakang harus diwaspadai. Ini disebabkan terdapat banyak pembuluh darah yang besar pada kaki. Bila berasal dari pembuluh darah seperti ini maka perdarahan dapat menjadi sangat serius. Perdarahan harus segera dihentikan karena dapat menyebabkan kehabisan darah dan akhirnya hewan shock atau mati. Upaya pertolongan pertama pada hewan yang mengalami perdarahan di kaki dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara balutan tekan dan pemberian tourniquet.

ő Perdarahan pada daun telinga
Luka dan perdarahan pada telinga dapat sangat membahayakan. Trauma fisik pada daun telinga dapat menyebabkan perdarahan hebat karena daun telinga berkulit tipis, bertulang rawan yang lunak, dan banyak pembuluh darah besar. Di samping itu, daun telinga hewan selalu digerak-gerakkan dengan cara menggelengkan kepalanya atau sering digaruk dengan kuku kaki depan maupun belakang. Oleh karena itu, luka di telinga akan lama sembuh, bahkan sering terjadi perdarahan.
Trauma sering dialami hewan kesayangan anjing dan kucing bertelinga panjang dan lebar. Terkadang telinga jenis anjing Doberman dan Boxer dipotong untuk menghindari kecelakaan telinga. Ini disebabkan anjing tersebut umumnya hiperakif sebagai penjaga dan pemburu.
Selain itu, daun telinga mudah menjadi sasaran garukan kaki depan atau belakang. Dalam berkelahi pun daun telinga mudah menjadi sasaran gigitan. Luka dan perdarahan pada daun telinga anjing dan kucing pun umumnya lama sembuh karena selalu digerakkan sehingga perdarahan sering terjadi berulang.
Upaya pertolongan pertama dapat dilakukan dengan membalut luka selama 24 jam. Bila setelah 24 jam perdarahan berhenti lakukan perawatan luka. Namun, bila masih berlanjut, segera hubungi dokter hewan atau klinik hewan.

ő Perdarahan pada hidung
Perdarahan pada hidung (epistaxis) yang sehari-hari disebut mimisan pun dapat terjadi pada hewan. Mimisan dapat terjadi pada satu atau dua lubang hidungnya (nostrils). Penyebab mimisan dapat karena trauma, infeksi, atau adanya lipas (lintah) di dalam lubang hidung.
Upaya pertolongan pertama pada hewan kesayangan dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu dikompres dengan es batu, ditekan dengan bola kapas atau kasa steril, maupun disumpal dengan daun sirih.
Pengompresan dengan es dilakukan pada bagian atas jembatan hidung, yaitu di bagian atas antara kedua lubang hidungnya. Cara lain ialah ditekan dengan bola kapas (kapas yang dibentuk seperti bola kecil) atau kasa steril ke lubang hidung. Namun, perlu diperhatikan, bola kapas atau kasa steril jangan sampai masuk ke lubang hidung karena dapat menyebabkan kesulitan bernapas.
Secara tradisional, penderita mimisan dapat ditolong dengan menyumpalkan remasan daun sirih karena daun sirih mengandung zat koagulan (penggumpal). Remasan daun sirih ini pun dapat diberikan ke bola kapas atau kasa steril, lalu ditekankan ke lubang hidung. Bila dalam waktu 20-30 menit masih terjadi perdarahan, segera hubungi dokter hewan atau klinik hewan.

ő Perdarahan pada bagian dalam tubuh
Adanya perdarahan di dalam tubuh hewan kesayangan sering kali tidak diketahui pemiliknya. Ini disebabkan perdarahan dalam tubuh memang tidak tampak darah keluar. Namun, untuk mengetahuinya perlu diketahui gejala adanya kemungkinan perdarahan dalam tubuh hewan kesayangan.
Umumnya gejala yang tampak antara lain selaput lendir hidung, gusi, lidah, dan mata menjadi pucat pasi; tubuh menjadi sangat lemah dan lemas; hewan sulit bernapas (tersengal-sengal); detak nadi sangat cepat; serta terkadang ada tanda-tanda shock. Upaya pertolongan pertama diarahkan untuk mengatasi gejala tersebut seperti memberikan napas buatan. Setelah itu, segera bawa hewan kesayangan tersebut ke dokter hewan atau klinik hewan untuk mendapatkan pertolongan intensif.

SURAT TANDA REGISTRASI VETERINER (STRV) NASIONAL  1.02.005901.04.2016.005825

SERTIFIKAT KOMPETENSI DOKTER HEWAN NASIONAL PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) (Lulus) 1.02.2009.010615.04-16.04.2016/KDHI

Komentar

  1. Bagaimana dengan kucing yang terkena petasan anak2 di bagian kepala? Dampak jangka panjangnya, kadang2 kucing suka mimisan

    BalasHapus
  2. Siang, iya perlu penanganan khusus dari tenaga ahli kesehatan hewan

    Terimakasih, semoga bermanfaat

    Tim klinik hewan happiness

    BalasHapus
  3. kucing persia saya mimisan setelah kerah dengan kucing kampung.. apakah bisa berdampak berkelanjutan???
    thanks :)

    BalasHapus
  4. kucing saya udh agak lama flu..hbs obat udh mau makan tp masih sering bersin..tiap pagi jemur,tp baru hari ini hbs d jemur kluar darah dr hidungnya..apa krn bersinterlalu keras ato knp ya..saya takut..soal nafasnya mash kyk ada lrndirnya d tenggorokan..nggrok2 gt.please help masukannya

    BalasHapus
  5. Kucingku knpa ya kok mimisan min ?, apa gara² di pukul orang trus bisa mimisan seprrti itu ?? Soalnya pulang² udah lemes dan hidung berdarah, kepalanya aga benjol.. Apa itu bisaberpengaruh nantinya ? Saya takut kalu kucing saya mati..

    BalasHapus
  6. Kucing saya barusan berantem sm kucing lain, terus kucing saya terluka dibagian luar, berdarah. Lecet2, pertolongan pertamanya harus diapakan ya? Please infonya

    BalasHapus
  7. Kucing saya barusan berantem sm kucing lain, terus kucing saya terluka dibagian luar, berdarah. Lecet2, pertolongan pertamanya harus diapakan ya? Please infonya

    BalasHapus
  8. Kucing saya udah beberapa hari ini flu, mungkin karena terlalu banyak ingus jadinya mampet dan kalo nafas dari mulut. saya selalu bersihkan ingusnya, tapi kenapa baru hari ini sepertinya dia mimisan ya?

    BalasHapus
  9. Pagi Maaf baru bales sahabat sahabat & kawan kawan klinik hewan happiness, untuk unknown iya bisa kucing diperiksakan & pagi dijemur, Ibu Novie bisa kucing nya disalep pake salep antibiotik supaya ga luka, untu Ibu Yeyen bisa diperiksakan dulu kucing nya. Terimakasih :)

    BalasHapus
  10. Kucing sya ketabrak trs kepalanya jdi Kaku, mulutnya gk bsa kebuka,tubuhnya kaku sebelah,kejang" terus..gmn cara nanganin nya?

    BalasHapus
  11. Kucing sya ketabrak trs kepalanya jdi Kaku, mulutnya gk bsa kebuka,tubuhnya kaku sebelah,kejang" terus..gmn cara nanganin nya?

    BalasHapus
  12. Terimakasih dokter, kemarin lebaran mudik ke jawa, anak anak miauw ku, sehat sehat, dititip lebaran, sekalian divaksin dan disteril sama dokter nya. Bisa dianter pulang juga ke cibeurueum jadi ga kena macet lagi di bandung pulang mudik he Terimakasih

    BalasHapus
  13. Marmut saya habis di gigit oleh anjing tetangga yang masuk ke pekarangan rumah saya secara diam diam, terdapat benjolan seperti angin dua titik, sisi paha atas sebelah kiri dan bagian perut atas. Apakah itu membahayakan terhadap nafsu makan dan bagaimana cara mengatasi traumatik terhadap marmut tersebut. Tengkyu sebelumnya dok. Mohon dibantu

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Baru aja anak kucing sy yg berusia 2bln tertimpa pintu lemari yg kebetulan terlepas....lalu sy lihat ada pemdarahan yg kluar dr hidung n mata terlihat bengkak...spontan anak kucing tsb tdk bs bergerak...terlihat lemah...sy pikir akan mati...stlh sy bersihkan darahnya lalu sy suapkan susu...stlh bbrp jam...termyata anak kucing tsb msih hidup...bgmana cara menanganinya agar anak kucing tsb ttp bertahan hidup...tks...

    BalasHapus
  16. Kucing saya baru saja ke injek orang terus mimisan apa busa sembuh

    BalasHapus
  17. Kucing aku mati gr2 mimisan :'(

    BalasHapus
  18. Kucing saya seharian ini lesu, tidur terus, terus pas bersin keluar darah dari hidungnya. Tapi napsu makannya bagus. Apakah kucing saya baik-baik saja??

    BalasHapus
  19. Mohon Saran saya memiliki Anak kucing Karena Marin tahap bermain tertimpa benda di kepalannya dan berdararah sya Sudah bersihkan darah dan beri minum Serta kucing nya pun May dikasih makan yg lunak. Apakah tidak apa apa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klinik Hewan Happiness Jatinangor (bdg timur, jatinangor, & sumedang)

Kelengkapan P3K bagi hewan kesayangan di rumah

Berbagi pengalaman pengobatan distemper anjing :)