Parvovirus (muntaber dogy)

  Canine parvovirus sangat menular dan disebabkan oleh virus yang sangat resisten di lingkungan rumah. Penyakit anjing ini menyebabkan gastroenteritis parah dan sering kali menyebabkan komplikasi pendarahan. Jika anjing betina terkontaminasi selama kebuntingan, virus ini akan memengaruhi janinnya saat berkembang. Virus ini tidak dapat berplikasi sendiri, dan akibatnya harus menggunakan sel lain untuk membantunya berkembang biak. Pada anak-anak anjing, canine parvovirus akan mengkolonisasi sel-sel saluran pencernaan karena mereka beregenerasi dengan laju yang cepat. Canine parvovirus ini bisa berakibat fatal dan merupakan penyakit yang terus memengaruhi populasi anak anjing. Apa saja gejala virus parvo pada anjing? Anak anjing atau anjing dengan canine parvovirus akan menunjukkan berbagai gejala yang berbeda. Anda harus selalu memperhatikan: ·         Demam ·         Kelesuan ·         Diare (mungkin berdarah) ·         Muntah ·         Dehidrasi ·         Penurunan

Pemeriksaan Mikroskopis pada Hewan Kesayangan (Demodekosis & RingWorm) :)



Parasit – parasit besar yang kasat mata dapat dijumpai (menginfestasi kulit), seperti Rhipicephalus sanguinaues, Ctenocephalides canis/felis, Haematopinus spp., Trichodentes spp. dan lain lain. Untuk ektoparasit yang sangat kecil hanya dapat dilihat di bawah mikroskop, seperti Scabies spp., Trichodentes spp.

Bahan kerokan kulit untuk pemeriksaan mikroskopis dikerok dari bagian tepi kulit, material yang diperoleh lalu diletakkan di atas object glass yang sudah dibubuhi larutan KOH. Bila dari suatu pemeriksaan dari kerokan kulit ditemukan hasil negatif, dapat diambil sampel dari bagian kulit yang lain (disebut pemeriksaan duplo atau triplo)

Penyakit yang bisa didiagnosis secara mikroskopis antara lain :

Demodekosis
Kutu Demodex canis atau D. Canis yang menyebabkan demodikosis pada anjing dan tidak menutup kemungkinan insidensi kejadian menyerang kucing.
Nutrisi untuk daur hidup Demodex canis adalah luluran sel sel epidermis mati. Demodex canis masuk ke dalam akar rambut secara penetratif, maka jika sudah menimbulkan kerusakan, akan terjadi demodekosis. Demodekosis pada kulit terdapat 2 bentuk, yaitu bentuk squamosa dan bentuk pustulosa.

Ringworm
Pada hewan kesayangan ringworm disebabkan oleh 2 jenis cendawan
a.       Trichophytosis disebabkan oleh jamur Trychophyton trrychophyton
b.      Microsporosis disebabkan oleh jamur Microsporum canis atau Microsporum felis
Pada kulit yang diserang terdapat scutula, dimananya warnanya seperti warna abses


                       Gambar 1. Kucing yang mengalami infestasi kutu Demodex sp.





 Gambar 2. Anjing yang mengalami demodekosis akut


gambar 3. kelinci yang mengalami penyakit ringworm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klinik Hewan Happiness Jatinangor (bdg timur, jatinangor, & sumedang)

Kelengkapan P3K bagi hewan kesayangan di rumah

Berbagi pengalaman pengobatan distemper anjing :)