Parvovirus (muntaber dogy)

  Canine parvovirus sangat menular dan disebabkan oleh virus yang sangat resisten di lingkungan rumah. Penyakit anjing ini menyebabkan gastroenteritis parah dan sering kali menyebabkan komplikasi pendarahan. Jika anjing betina terkontaminasi selama kebuntingan, virus ini akan memengaruhi janinnya saat berkembang. Virus ini tidak dapat berplikasi sendiri, dan akibatnya harus menggunakan sel lain untuk membantunya berkembang biak. Pada anak-anak anjing, canine parvovirus akan mengkolonisasi sel-sel saluran pencernaan karena mereka beregenerasi dengan laju yang cepat. Canine parvovirus ini bisa berakibat fatal dan merupakan penyakit yang terus memengaruhi populasi anak anjing. Apa saja gejala virus parvo pada anjing? Anak anjing atau anjing dengan canine parvovirus akan menunjukkan berbagai gejala yang berbeda. Anda harus selalu memperhatikan: ·         Demam ·         Kelesuan ·         Diare (mungkin berdarah) ·         Muntah ·         Dehidrasi ·         Penurunan

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Peluang &Tantangan (Bidang Kedokteran Hewan) :)

Mulai diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada tanggal 31 Desember  2015 adalah gelombang kecil dalam gelombang besar bertajuk Globalisasi.  Kesepakatan   10 negara ASEAN yang diteken di Pulau Bali pada tahun 2003, berpilar pada 4 pendekatan strategis: 1. Pasar tunggal & basis produksi, 2. Wilayah ekonomi berdaya saing tinggi, 3. Kawasan pembangunan ekonomi yang seimbang, dan 4. Integrasi penuh dengan ekonomi global.

Secara singkat, MEA berisi pemberlakuan “5 (lima) arus bebas”  meliputi arus a)barang, b)jasa, c) tenaga kerja  terampil, d) modal, dan e) arus bebas investasi.

Para dokter hewan & paramedik hewan yang bergerak di  bidang peternakan,  hewan kesayangan, obat-obatan hewan, akademisi, dll  perlu mampu menghasilkan produk & jasa yang bisa besaing dengan 10 negara ASEAN, persaingan dalam pasar global pada prinsipnya adalah tentang 2 variabel, yaitu : kualitas (mutu) & harga.

Ketahanan nasional perlu dibangun bukan hanya masalah keamanan, tetapi juga ketersediaan barang, jasa, modal, ideologi, dan sosial budaya. Prinsip “Negara  hadir” harus tampak dalam kehidupan masyarakat sehari-hari baik di bidang ipoleksosbudhankam.







 Semoga bermanfaat :)


Related posts :
Penyelamatan flora & fauna yang hampir punah :)
http://klinikhewanhappiness.blogspot.co.id/2015/12/penyelamatan-flora-fauna-yang-hampir.html

Jadwal vaksin pada anjing & kucing :)
http://klinikhewanhappiness.blogspot.co.id/2011/04/jadwal-vaksinasi-anjing-kucing.html

Penyakit pada masa kebuntingan & pasca kelahiran pada anjing & kucing
http://klinikhewanhappiness.blogspot.co.id/2011/01/penyakit-penyakit-pada-masa-kebuntingan.html

SURAT TANDA REGISTRASI VETERINER (STRV) NASIONAL  1.02.005901.04.2016.005825

SERTIFIKAT KOMPETENSI DOKTER HEWAN NASIONAL PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) (Lulus) 1.02.2009.010615.04-16.04.2016/KDHI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klinik Hewan Happiness Jatinangor (bdg timur, jatinangor, & sumedang)

Kelengkapan P3K bagi hewan kesayangan di rumah

Berbagi pengalaman pengobatan distemper anjing :)