Parvovirus (muntaber dogy)

  Canine parvovirus sangat menular dan disebabkan oleh virus yang sangat resisten di lingkungan rumah. Penyakit anjing ini menyebabkan gastroenteritis parah dan sering kali menyebabkan komplikasi pendarahan. Jika anjing betina terkontaminasi selama kebuntingan, virus ini akan memengaruhi janinnya saat berkembang. Virus ini tidak dapat berplikasi sendiri, dan akibatnya harus menggunakan sel lain untuk membantunya berkembang biak. Pada anak-anak anjing, canine parvovirus akan mengkolonisasi sel-sel saluran pencernaan karena mereka beregenerasi dengan laju yang cepat. Canine parvovirus ini bisa berakibat fatal dan merupakan penyakit yang terus memengaruhi populasi anak anjing. Apa saja gejala virus parvo pada anjing? Anak anjing atau anjing dengan canine parvovirus akan menunjukkan berbagai gejala yang berbeda. Anda harus selalu memperhatikan: ·         Demam ·         Kelesuan ·         Diare (mungkin berdarah) ·         Muntah ·         Dehidrasi ·         Penurunan

Penyuluhan Mencintai Makhluk Hidup Sejak Kecil (Program Klinik Hewan Happiness Goes 2 school) :)

Penitipan kucing & hewan kesayangan lain Natal & Tahun Baru :)
 https://klinikhewanhappiness.blogspot.co.id/p/program.html

Selamat Natal & Tahun Baru, Temen temen Klinik Hewan Happiness yang merayakan
#Selamat #MenikmatiIndonesia dari #piaynemo #rajaampat #papua barat :) 



Halo temaan teman bulan ini Klinik Hewan Happiness diundang untuk kunjungan ke PAUD / TK dan SD di Kota Bandung untuk memberikan materi penyuluhan :)

Klinik Hewan Happiness Goes to School : )
Tim Klinik Hewan Happiness diundang untuk kunjungan ke PAUD / TK dan SD di Kota Bandung untuk memberikan materi tentang “Pentingnya menjaga kebersihan temen-temen dalam interaksi dengan hewan kesayangan” dan “untungnya punya hewan kesayangan” : )


Gambar 1. Anak anak SD sedang berinteraksi dengan kucng : )


Berikut materinya J

hewan peliharaan merupakan hewan yang dipilih untuk tinggal bersama keluarga dan berhubungan langsung dengan keluarga dan biasannya tinggal didalam rumah dan dianggap keluarga sendiri termasuk dalam cara pengasuhannya, dan biasannya mereka mendapat perlakuan istimewa.
Disini saya akan membahas pentingnya memiliki hewan peliharaan dan beruntungnya memiliki hewan peliharaan untuk menstimulasi anak usia dini agar terbentuk menjadi pribadi yang baik.
Ketika memiliki hewan peliharaan otomatis anak akan mengikuti kebiasaan orang tuannya yang menyayangi hewan peliharaan tersebut, hal ini untuk keluarga yang sudah memiliki hewan peliharaan. Untuk yang baru memiliki hewan peliharaan mungkin akan mulai belajar menyayangi dan dalam urusan tanggung jawab mungkin sama baik dalam pemberian makan dan pembersihan kandang namun tetap dibantu orang tua. Dengan terlibatnya anak maka anak akan merasa ia juga ikut bertanggung jawab dalam mengurus hewan piharaan tersebut. Dan dengan pengarahan anak akan tahu bahwa kita tidak boleh mengabaikan atau tidak perduli terhadap tanggung jawab termasuk tanggung jawab tersebut.
Selain tanggung jawab dan kasih sayang atau menyayangi hewan hal lainnya adalah motorik halus akan terstimulasi karena disini anak akan bersentuhan langsung dengan hewan ia akan meraba dan merasakan sehingga mereka tahu apa yang dirasakan kulitnya kasar,halus,keras,lembut hal ini baik untuk anak karena dengan sering menstimulasi motorik halus dapat berdampak dari hal yang paling sederhana adalah bagusnya tulisan tangan mereka.
Lalu selanjutnya dalam memiliki hewan peliharaan juga dapat menstimulasi motorik kasar yaitu dimana anak akan terbiasa berlari, melompat, berjalan dengan senang hati karena bermain dengan hewan peliharaan tersebut. Dengan terlatihnya motorik kasar anak maka akan berdampak pada pertumbuhan tulang dan kesehatan anak karena sama dengan olahraga. 
Hal diatas adalah hal yang menurut saya penting dan manfaatnys memiliki hewan peliharaan, karena akan berbeda perilku ketika memiliki hewan peliharaan dan tidak itu akan menonjol sekali. Dimana anak yang memiliki hewan peliharaan akan lebih berani dan tidak ragu dalam mengambil keputusan. Karena memang mereka biasa menghadapi serangan tiba - tiba dari hewan mereka masing- masing.
Namun yang perlu digaris bawahi adalah sedekat apapun kita terhadap hewan peliharaan kita harus tetap menjaga kebersihan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang hewan itu perlu. Lalu kebersihan hewan dan kandang perlu diperhatikan juga, karena pada anak usia dini anak rentan terhadap penyakit karena sistem imun mereka yang belum stabil. Maka orang tua diharap tidak menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab kepada anak dan selalu diingatkan untuk cuci tangan setelah berdekatan dengan hewan peliharaan. Karena memang hewan tetap hewan dan kita tidak tahu membawa kotoran, bakteri atau tidak sehingga kita perlu waspada. Salam sharing :)




Gambar 2,3,4 Materi & interaksi dengan hewaan kesayangan  :)

Semoga program bermanfaat :)

Terimakasih semuanya :)

Video 1. Pemeriksaan rusa di Balaraja, Tangerang oleh Tim Klinik Hewan Happiness :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klinik Hewan Happiness Jatinangor (bdg timur, jatinangor, & sumedang)

Kelengkapan P3K bagi hewan kesayangan di rumah

Berbagi pengalaman pengobatan distemper anjing :)