Parvovirus (muntaber dogy)

  Canine parvovirus sangat menular dan disebabkan oleh virus yang sangat resisten di lingkungan rumah. Penyakit anjing ini menyebabkan gastroenteritis parah dan sering kali menyebabkan komplikasi pendarahan. Jika anjing betina terkontaminasi selama kebuntingan, virus ini akan memengaruhi janinnya saat berkembang. Virus ini tidak dapat berplikasi sendiri, dan akibatnya harus menggunakan sel lain untuk membantunya berkembang biak. Pada anak-anak anjing, canine parvovirus akan mengkolonisasi sel-sel saluran pencernaan karena mereka beregenerasi dengan laju yang cepat. Canine parvovirus ini bisa berakibat fatal dan merupakan penyakit yang terus memengaruhi populasi anak anjing. Apa saja gejala virus parvo pada anjing? Anak anjing atau anjing dengan canine parvovirus akan menunjukkan berbagai gejala yang berbeda. Anda harus selalu memperhatikan: ·         Demam ·         Kelesuan ·         Diare (mungkin berdarah) ·         Muntah ·         Dehidrasi ·         Penurunan

Penyuluhan ke peternak sapi di Garut Selatan, Jawa Barat :)

Sahabat – Sahabat klinik hewan happiness sekali sekali qta membahas hewan di luar pet animal / hewan kesayangan (companion animal) ya, tentang penyuluhan ke peternakan sapi bakalan oleh tim klinik hewan happiness pada akhir bulan agustus lalu :)


Pada tanggal 24 agustus 2013 tim klinik hewan happiness diundang untuk memberikan penyuluhan kepada suatu peternakan sapi di Desa Cijayana, Kecamatan Mekar Mukti, Garut selatan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ternyata sapi tersebut merupakan sapi bantuan dari salah satu Kementerian di Republik Indonesia untuk kelompok ternak di daerah tersebut.  Sapi potong berupa sapi bakalan berjumlah 341 ekor, dimana sapi sudah didatangkan 2 kali periode, periode pertama sekitar 114 ekor, sisanya diperiode kedua. Dimana menurut rencana dari program pemerintah ini, total sapi dihibahkan sampai 642 ekor sapi bakalan, selama 4 periode kedatangan, banyak sekali :)

Gambar  1. Sapi madura yang didatangkan dari propinsi jawa timur ke garut selatan

Jenis / bangsa / breednya sapinya lucu – lucu berbeda beda ada sapi bali, ada sapi madura, ada sapi ongole dan lain – lain, beda beda jenisnya, berdasarkan anamnesa keterangan dari peternak rata rata sapi tersebut didatangkan dari  jawa timur. Tempatnya bener – bener jauh dari kota bandung, qta kira deket kota garut, qta berangkat jam 6 biasanya jam 9 sudah sampai kota garut, ternyata kecamatan mekarmukti masih jauh lagi, masih 3 – 4 jam dari kota garut lewat gunung gelap, pameumpeuk, pantai santolo ke sana lagi. Tapi sampai sana seneng bisa liat sapi sapinya :)

Di tempat tersebut qta memberikan penyuluhan tentang :
  • ·         Cara membuat silase (pakan untuk sapi) dari jerami yang dicampur oleh biofermentasi, karena di garsel (garut selatan) sedang musim kemarau bulan bulan ini jadi rumput untuk makanan sapinya terbatas, kasian sapi – sapinya kurus ;0
  • ·         Pembuatan biogas untuk dapur dan listrik masyarakat setempat
  • ·         Pengobatan sapi sapi yang sakit
  • ·          Obat – Obatan yang dibutuhkan oleh peternakan sapi
  • ·         Tentang desinfeksi dan sterilisasi kandang



Gambar 2. Konstruksi kandang yang digunakan oleh peternak masih sederhana, tiang pancang menggunakan kayu


Gambar 3. Kandang sapi bakalan yang digunakan kotor & sapinya kurus kurus :)

Advice / saran buat peternak & program ini :
  • ·         Lebih baik untuk program lainnya sapinya seragam jenisnya yang dipelihara (supaya pengendalian penyakit lebih mudah)
  • ·         Perlu adanya dokter hewan / sarjana peternakan yang memanajemi peternakan tersebut
  • ·         Untuk luas areal pakan terlalu kecil, perlu areal pakan yang lebih luas, berdasarkan amanesa dan keterangan peternak ada sapi yang mati berjumlah 4 ekor karena kekurangan pakan bergizi dan bernutrisi baik
  • ·         Perlu adanya keterlibatan akademisi kampus di bidang peternakan dan kesehatan hewan dalam perencanaan suatu peternakan sehingga bentuk kandang, luas areal pakan, gudang penyimpanan pakan, gudang pembuatan konsentrat lebih tertata
  • ·         Perlu adanya keterlibatan dunia swasta (pengusaha) dalam bidang peternakan sapi  supaya peternak  sapi diajarkan bagaimana metode sistem peternakan yang berkelanjutan (sustainable)




Gambar 4 & 5 Areal hijauan yang digunakan masih terbatas

Akhirnya semoga program pemerintah ini berhasil dengan lancar, bermanfaat untuk masyarakat setempat, semoga teknik pembuatan biogas yang diajarkan tim klinik hewan happiness bisa minimal menyalakan dapur dapur kompor masyarakat di Desa Cijayana (minimal 10 rumah)

Terakhir semoga program ini berkelanjutan (sustainable) jangan sampai berhenti di tengah jalan, dijewer lho sama drh. alex & drh. fiza kalo sampai 6 bulan lagi sapinya habis tau – tau dijual hehe.. :)
Besuknya tanggal 25 agustus pagi qta masih berkonsultasi dengan peternak setempat, siangnya kita jjs (jalan jalan santai) ke pantai rancabuaya garut, bagus pantainya temen temen klinik hewan happiness, ayoo main ke sana temen temen :)
Semoga semuanya lancar & berhasil, amin

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klinik Hewan Happiness Jatinangor (bdg timur, jatinangor, & sumedang)

Kelengkapan P3K bagi hewan kesayangan di rumah

Berbagi pengalaman pengobatan distemper anjing :)